Kamis, 06 Desember 2012

Sejarah Aneh Bunga Matahari


Apa yang dapat diketahui dari bunga matahari?? Bunga ini ada dimana-mana, dan memiliki sejarah yang aneh. Inilah cerita dari si bunga matahari ... it's me... sunflo... ^^




Bunga matahari berasal dari Amerika Utara, selama berabad-abad lampau dan seperti apa yang kita kenal sekarang. Mungkin merupakan salah satu tanaman pertama yang tumbuh di benua Amerika. Telah lama dikenal dengan sumber lemak nabatinya. Bijinya bisa ditumbuk dan dicampur dengan tepung untuk membuat kue. Banyak dibudidayakan secara besar-besaran di Amerika.




Bunga matahari sudah lazim dibudidayakan seelum pembudidayaan tanaman jagung di Amerika sana. Bunga ini telah menjadi gaya hidup penduduk di kawasan benua Amerika. BAhkan suku Asztec di Mexico menanam bunga ini untuk disembah (Allahul musta'an... )




Kenal dengan kuaci biji bunga matahari?? Selain untuk camilan ringan ini, biji bunga matahari juga biasa diambil minyaknya untuk campuran membuat roti. Bagian bunganya bisa juga digunakan untuk bahan pewarna. Bagian lainnya bisa digunakan sebagai obat salep dan gigitan ular. Batangnya yang kering bisa digunakan sebagai bahan bangunan rumah orang zaman dulu.



Meski tanaman ini sangat populer di daratan amerika, namun juga tersebar di Eropa mulai abad 16. Selain untuk tanaman hias, juga umum mengambil minyak dari biji-bijinya.





Hingga pada abad 18, tanaman ini mulai besar-besaran dibudidayakan. Peter Agung dari Rusia, dalam beberapa perjalanannya dia mendarat di Belanda dan terkesima dengan bunga ini. Dia termasuk salah seorang yang berperan dalam penyebaran benih tanaman ini di Rusia. Pada dekade ketiga abad kesembilan belas minyak bunga matahari diproduksi di Rusia pada besar dan sangat menguntungkan skala komersial.



Akhirnya Rusia dipenuhi oleh bunga-bunga raksasa ini, tumbuh lebih dari 2 juta hektar per tahun. Ditujukan untuk 2 macam konsumsi yaitu konsumsi akan minyak dan untuk kebutuhan sendiri para penduduknya. VS Pustovoit adalah pencetus yang paling sukses untuk mengadakan proyek pembudidayaan bunga ini. Bahkan saat ini penghargaan ilmiah untuk studi tentang bunga matahari diberikan dalam namanya. Jadi, tahun 1830 adalah era di mana bunga matahari booming di Rusia.

Ironis, ... bunga asli amerika ini akhirnya berubah menjadi barang kontroversial antara Amerika dengan Rusia, atas intervensi Rusia.Diperkirakan bahwa imigran Rusia ke AS dan Kanada mengambil biji dengan mereka dan pada tahun 1880-an perusahaan yang menawarkan 'Mammoth Rusia' dalam katalog.





Butuh waktu bagi amerika untuk menjadikan bunga ini sebagai tanaman budidaya. Pada tahun 1926 Sunflower Missouri Growers 'Association mulai mengadakan pengolahan biji bunga matahari untuk minyakPasukan Kanada mendapat ide yang sama tentang waktu yang sama dan pemerintah di sana memulai program pembiakan pada tahun 1930.







Pada awal tahun delapan puluhan AS memproduksi lebih dari lima juta hektar. Kemudian - oleh permainan kata-kata sejarah - bunga matahari yang pergi dari Amerika ke Rusia dan kembali sekali lagi akan kembali ke Eropa. Negara di kawasan amerika, Rusia dan Eropa, terlibat perdagangan bunga ini.




Akhirnya, bunga yang berasal dari Amerika utara ini kembali lagi ke tempat persemaian awalnya... Setelah menjadi perebutan berbagai macam negara di amerika, rusia, dan eropa.

source: scienceray.com

0 komentar:

Poskan Komentar